Entri Populer

Powered By Blogger

Jumat, 29 Mei 2009

Jalan Tembus Cemorosewu Sarangan

MAGETAN,-Proyek jalan tembus Sarangan-Cemorosewu di Kabupaten Magetan sepanjang 10,7 kilometer yang dijadwalkan tuntas tahun ini diperkirakan baru bisa tuntas tahun depan.

Tersendatnya pengerjaan bagian jalan yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat menjadi penyebabnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Magetan, Selasa (27/1), dari rencana jalan tembus sepanjang 10,7 kilometer, jalan sepanjang 5,3 kilometer yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Magetan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah selesai pembangunannya .

Sejak proyek jalan tembus dilaksanakan tahun 2001 sampai tahun 2008 telah dikeluarkan dana sebesar Rp 56,1 miliar. Diperkirakan dibutuhkan dana sebesar Rp 16,4 miliar lagi untuk menyelesaikan bagian jalan yang belum rampung.

Banyak dana untuk infrastruktur pada tahun 2008 dialihkan pemerintah pusat untuk penanggulangan bencana. “Imbasnya, proyek jalan tembus terpaksa molor dan perkiraan baru bisa diselesaikan tahun 2010,” ujar Kasie Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Magetan, Mochtar.

Penyelesaian jalan yang menembus wilayah hutan pinus Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu seluas 109.250 meter persegi itu sangat penting artinya tidak hanya bagi Magetan tetapi juga bagi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pasalnya, pengguna jalan dari Jawa Tengah bagian selatan yang hendak ke Jawa Timur bagian selatan tidak perlu lagi memutar jalan melalui Mantingan, Ngawi. Begitu pula wisatawan dari Jawa Tengah yang hendak ke kawasan wisata Telaga Sarangan di Magetan. “Bisa menghemat waktu perjalanan dua jam sampai tiga jam,” tambah Mochtar .

Selain itu, tuntasnya jalan ini bisa menekan besarnya potensi kecelakaan di jalur lama Sarangan-Cemorosewu. Pasalnya jalur lama dipenuhi dengan tikungan dan tanjakan/turunan yang tajam.

Tercatat sedikitnya sudah dua kali kecelakaan terjadi (pada libur Lebaran tahun 2008 dan libur Imlek Tahun 2009) dengan jumlah korban yang banyak atau lebih dari lima di jalur lama Sarangan-Cemorosewu. Korban-korban ini adalah wisatawan dari Jawa Tengah yang mau berwisata ke Sarangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar