Entri Populer

Powered By Blogger

Jumat, 29 Mei 2009

Madurejo Notes

Agenda Workshop Entrepreneurship Ditunda

7 Mei 2009 by madurejo

Sepertinya agenda Workshop Entrepreneurship oleh TDA Joglo akan berubah waktu pelaksanaannya. Semula dijadwalkan tanggal 24 Mei 2009 di wartel (warung ritel) “Madurejo Swalayan”, Pambanan, Sleman. Namun belakangan nampaknya ada beberapa kendala yang sedang dihadapi dan perlu dirembug kembali jalan keluarnya.

Di bawah ini saya kutipkan email yang ditulis oleh mas Heksa Agus (salah seorang penggiatnya) dalam milis komunitas TDA Joglo (format tulisan sedikit diedit agar enak dibaca) :

Mohon tanggapan teman-teman semua
Posted by: “Heksa Agus S” hekinmajumapan@yahoo.com
Date: Sun May 3, 2009 10:55 am ((SGT))

Sehubungan dengan belum jelasnya status kepanitiaan Milad TDA Joglo untuk wilayah Yogyakarta, bersama ini saya selaku penanggung jawab masalah kepesertaan dari luar milis dalam acara workshop “yang muda yang berbisnis” mau meminta masukan dari semua anggota milis.

Sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kita sama-sama ketahui :

  1. Tentang tempat, mas Yusuf Iskandar, selaku pemilik tempat, mengharapkan agar acara dimajukan tanggal 10 Mei atau diundur setelah 24 Mei, hal ini dikarenakan beliau harus menyelesaikan sebuah pekerjaan yang sangat penting dan harus diprioritaskan.
  2. Tentang trainer, mas Memet, selaku trainer tidak bisa jika acara dimajukan tanggal 10 Mei dikarenakan ada sesuatu hal.

Dari kedua hal tersebut maka bisa disimpulkan bahwa jika acara itu akan dilaksanakan, harus setelah tanggal 24 Mei. Yang ingn saya mintakan masukan dari teman-teman semua adalah:

  1. Apakah acara itu mau diundur atau dibatalkan atau ada alternatif lain.
  2. Apakah kita perlu berkoordinasi lagi untuk membicarakan acara hal itu.

Saya selaku orang yang akan berhubungan dengan pihak luar merasa sangat perlu sekali mendapatkan kepastian akan hal ini.

Terima kasih.

Semoga saja teman-teman TDA Joglo dapat segera berembug tentang waktu, tempat, pengisi acara, dsb. untuk mewujudkan rencana ini mengingat agenda semacam ini tentu sangat bermanfaat bagi siapa saja yang interest dalam dunia kewirausahaan. Lebih-lebih dalam rangka mangayubagyo keberadaan komunitas TDA Joglo melalui Milad ke-2 yang rencananya akan diselenggarakan di beberapa wilayah seperti Jogja, Solo, Semarang dan sekitarnya.

Salam sukses berwirausaha…!

Silaturrahim TDA Joglo – 13 April 2009

15 April 2009 by madurejo

img_2269_joglo2aAcara silaturrahim copy darat warga TDA Joglo telah diadakan di rumah Pak Bambang Triwoko di kawasan pinggir kali, Pringwulung, pada hari Senin malam, 13 April 2009. Acara informal bin cengengesan yang diselenggarakan tanpa susunan acara ini akhirnya diisi dengan sharing yang sangat bagus oleh Mas Agung SN, pemilik waralaba “Simply Laundry”. Lalu dilanjut dengan membincang gagasan untuk memeriahkan Milad 2 (Ultah 2) komunitas TDA Joglo, khususnya yang berada di wilayah kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Salah satu acara Milad 2 yang sedang digagas adalah mengadakan Workshop Entrepreneurship dengan mengusung materi utama Marketing yang akan disampaikan oleh Mas Memetz Slamet Rahardjo (trainer CEVE). Tag line untuk acara ini adalah : “Yang Muda Yang Berbisnis”. Rencana penyelenggaraan : Minggu, 24 Mei 2009, bertempat di joglo belakang wartel (warung ritel) “Madurejo Swalayan”, Prambanan, Sleman, Ngayogyokarto Hadiningrat.

Gagasan acara workshop ini masih sementara, selengkap dan seresminya segera akan ditindak-lanjuti oleh Panitia Pelaksana. Demikian halnya untuk agenda-agenda lainnya dalam rangka merayakan Milad 2 TDA Joglo ini akan disusulkan info detilnya.

Yogyakarta, 15 April 2009
Yusuf Iskandar

Joglo "Madurejo Swalayan" (5 Juli 2008)

Joglo “Madurejo Swalayan” (5 Juli 2008)

Menuju Madurejo 2 : Menyusun Grondola

5 April 2009 by madurejo

Hari Minggu ini terpaksa saya tidak kemana-mana, sebab sudah dijadwal sama boss-nya “Madurejo Swalayan” (baca : istri saya) untuk membantu mengatur dan menyusun grondola atau rak-rak toko. Pekerjaan ini menjadi penting artinya karena toko yang dimaksud adalah toko baru sebagai cikal bin bakal dari serial persilatan bisnis wartel (warung ritel) Madurejo Swalayan jilid 2 atau sebut saja Madurejo 2, sebuah usaha minimarket atau toko swalayan yang berlokasi di kawasan Bintaran, kecamatan Mergangsan, Yogyakarta.

Padahal hari ini sebenarnya ada acara penting di Klaten, yaitu rapat persiapan Milad 2 (Ultah Ke-2) komunitas TDA Joglo (Tangan Di Atas untuk wilayah Jogja, Solo dan sekitarnya). Terpaksa saya absen tidak hadir di rapat TDA Joglo, ya karena ada “terpaksa” lainnya yaitu memenuhi jadwal yang sudah diatur boss saya itu tadi. Ngrumangsani (menyadari) bahwa beliau sudah saya tinggal kluyuran selama tiga minggu ke Tembagapura, Papua, maka saya merasa tidak enak untuk tidak memenuhi agenda yang sudah dijadwalkannya.

Bangunan sudah siap sekitar dua minggu yll. Sebagian grondola juga sudah disiapkan tapi belum diatur. Urusan atur-mengatur ini memang menjadi sebagian dari keahlian saya (maksudnya, saya lebih ahli dibanding istri saya), makanya istri saya menyerahkan urusan tur-attur ini kepada saya, selain karena terkait dengan urusan angkat wal-junjung.

Mengatur tata ruang toko dan menyusun posisi rak atau grondola kelihatannya perkara sederhana. Namun bisa jadi runyam karena harus mengepas-paskan ketersediaan grondola dengan ruang yang terbatas agar tampak rapi, teratur, enak dilihat dan nantinya jadi nyaman dikunjungi.

Akhirnya selesai juga, sementara. Sebab ternyata masih diperlukan grondola tambahan beserta asesorinya, lemari etalase dan beberapa perangkat toko lainnya. Dengan kata lain, masih diperlukan biaya tambahan untuk itu. Dan, tadi boss saya sudah memberi jadwal untuk hari Senin besok, antara lain ngedrop barang ke “Madurejo Swalayan” Prambanan atau sebut saja Madurejo 1, lalu membeli rak untuk kantor, mencari info untuk tambahan grondola dan perangkat komputernya. Ugh….., capek deh…..

Inti dari cerita ini sebenarnya adalah : “Mohon Doa Restu” untuk Madurejo 2. Hal yang sebenarnya klise dan kedengaran seperti basa-basi. Kenapa tidak berdoa sendiri saja? (Terkadang pikiran buruk saya muncul…… Boro-boro minta doa orang lain sedangkan orang lain itu untuk mendoakan dirinya sendiri saja belum tentu ingat apalagi sempat….. Mohon maaf bagi yang merasa jadi orang lain).

Kalaupun tidak ada yang mendoakan…., saya akan tetap ingin berbagi dongeng tentang serial Madurejo 2. God willing wal-insya Allah…..

Yogyakarta, 5 April 2009
Yusuf Iskandar

Improvisasi Itu (Terkadang) Perlu

5 April 2009 by madurejo

Dalam perjalanan pulang dari Tembagapura, Papua, saya menyempatkan untuk menginap semalam di Timika. Saya menginap di Base Camp yang merupakan salah satu fasilitas dan berada di dalam kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia. Tentu saja gratis. Base Camp ini lokasinya dekat dengan bandara Mozes Kilangin yang berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Timika, ibukota kabupaten Mimika.

Tujuan saya menginap semalam di Timika adalah ingin mampir ke warung seafood “Surabaya” sekedar melepas kangen menikmati karakah (kepiting) Timika. Terakhir kali saya mampir ke sana sekiar lima tahun yang lalu. Karena Base Camp ini lokasinya berada di dalam kawasan pertambangan, maka tidak terjangkau oleh angkutan umum yang oleh masyarakat setempat disebut taksi. Sedang kendaraan milik perusahaan tidak diijinkan keluar dari kawasan pertambangan, kecuali yang sudah dilengkapi dengan plat nomor polisi, berkepala “DS” jika terdaftar di kabupaten Mimika.

Kalau mau sewa mobil plat hitam alias taksi gelap yang memang sudah lazim digunakan, ongkosnya sekitar Rp 40.000,- per jam. Menimbang saya hanya seorang diri, akhirnya memilih naik ojek saja. Di Timika ada ribuan ojek berseliweran setiap saat. Moda angkutan ini menjadi alternatif paling praktis, mudah dan murah tapi tidak meriah (lha wong sendirian…), plus agak deg-degan karena biasanya tukang ojeknya suka ngebut. Kalau tidak suka mbonceng ojek, sepeda motornya disewa juga boleh. Per jam ongkos sewanya Rp 20.000,- dan malah bisa ngebut sendiri…. Saking banyaknya ojek di Timika, sampai-sampai tidak mudah membedakan mana pengendara sepeda motor biasa dan mana tukang ojek.

***

Kota Timika yang ketika siangnya begitu panas, malam itu agak kepyur (bahasa Jawa untuk turun titik-titik air dari langit, lebih rintik dibanding rintik hujan). Berbalut selembar jaket, segera saya nyingklak mbonceng tukang ojek dan mengomandonya untuk menuju ke warung seafood “Surabaya”. Ongkos ojek dari Base Camp, sama juga kalau dari bandara, menuju kota Timika adalah Rp 7.000,- sekali jalan. Angka nominal yang sebenarnya nanggung, tapi ya begitulah…. Semua pihak sudah saling paham bahwa ongkos normalnya memang segitu.

Sampai di tujuan, segera saya keluarkan tiga lembar uang kertas dan saya bayarkan ke tukang ojek. Semula uang itu diterima begitu saja oleh tukang ojeknya dan segera hendak berlalu tancap gas. Tapi tiba-tiba tukang ojek itu agak ragu, lalu dilihatnya kembali uang pemberian saya tadi di bawah temaram lampu jalan yang tidak terlalu terang. Agaknya dia kurang yakin dengan penglihatannya. Sebab jika membayar uang pas dengan tiga lembar uang kertas, biasanya terdiri dari selembar berwarna kecoklatan dan dua lembar berwarna kebiruan, sehingga totalnya Rp 7.000,-. Tapi ini ketiganya kok warna coklat semua, jangan-jangan uangnya bercampur daun kering. Setelah yakin yang diterimanya tiga lembar uang lima-ribuan, segera pak tukang ojek itu tancap gas tanpa sempat berterima kasih. Mungkin khawatir keburu penumpangnya menyadari “kekeliruan” jumlah pembayarannya.

Malamnya saya kembali menggunakan jasa ojek menuju Base Camp. Cukup dengan berdiri di pinggir jalan saja. Sebab saya pun sebenarnya juga ragu mau nyetop ojek, jangan-jangan bukan tukang ojek yang saya panggil. Akhirnya salah satu dari tukang ojek yang berseliweran memberi kode dengan membunyikan klakson yang maksudnya : “Naik ojek, pak?”. Saya cukup membalasnya dengan melambaikan tangan di pinggir jalan yang agak terang.

Sesampai di Base Camp segera saya sodorkan selembar uang sepuluh-ribuan. Tukang ojek itu pun dengan gesit mengeluarkan dompetnya dari saku belakang celananya untuk mengambil tiga lembar uang seribuan sebagai uang kembalian. Kali ini saya hanya berkata pendek : “Kembaliannya untuk bapak saja…”. Kalimat pendek itu rupanya mengawali percakapan saya dengan tukang ojek yang rupanya perantau dari Lamongan, Jatim, dan baru 3 bulan ngojek di Timika, selama beberapa menit di depan gerbang Base Camp. Sampai seorang petugas Satpam Base Camp menghampiri saya karena dikira saya yang adalah seorang tamunya sedang ada masalah dengan tukang ojek. Apresiasi saya berikan untuk sikap tanggap seorang Satpam.

***

Apa yang saya lakukan dengan membayar lebih dari yang semestinya kepada seseorang? Tidak lebih karena sekedar saya ingin melakukan sedikit improvisasi dalam bertransaksi bisnis. Sebagai pembeli jasa ojek, saya ingin memberi sedikit “surprise” yang menyenangkan kepada partner bisnis saya yang adalah penjual jasa ojek. Improvisasi yang berjalan begitu saja, tanpa skenario, tanpa rekayasa. Besar-kecilnya atau banyak-sedikitnya, bukan itu soalnya. Terpuji-tidaknya atau berpahala-tidaknya, juga bukan itu substansinya.

Sekali waktu ketika di Jogja saya membayar parkir di Jl. Solo. Saat membayar ongkos parkirnya saya sodorkan uang Rp 3.000,- dari semestinya hanya Rp 1.500,-, sambil saya pesan kepada tukang parkirnya : “Tolong yang seribu lima ratus untuk ongkos parkir mobil di sebelah kanan saya ya, pak…”. “Nggih, pak…”, jawab tukang parkir. Saya tidak tahu siapa pengemudi mobil yang parkir di sebelah kanan saya. Saya juga tidak tahu apakah tukang parkir itu benar-benar menjalankan pesan saya. Tapi saya hanya sekedar ingin berimprovisasi dalam bertransaksi. Apakah itu baik atau buruk, bukan itu yang ada di pikiran saya.

Beberapa tahun yang lalu saat melewati jalan tol di Semarang yang ongkosnya hanya Rp 500,- sekali lewat, saya sodorkan selembar uang seribuan disertai pesan kepada penjual tiket tol : “Sisanya untuk mobil di belakang saya ya…”.

Ya, sekali waktu improvisasi itu perlu. Bukan untuk sok-sokan, bukan juga untuk wah-wahan, melainkan agar irama hidup ini tidak membosankan. Perlu ada “surprise-surprise” kecil mengisi di antaranya. Toh, belum tentu hal itu terjadi sebulan sekali. Setahun sekali pun terkadang tidak sempat terpikir. Termasuk juga dalam berbisnis, improvisasi itu (terkadang) perlu. Kalau boleh kejadian itu disebut dalam rangka melaksanakan “bisnis memberi”, entah sebagai penjual atau pembeli. Semoga saja Alam Jagat Raya ini akan mencatatnya sebagai tabungan di rekening liar (yang digaransi tidak akan terendus KPK) yang suatu saat nanti akan cair dengan sendirinya pada waktu dan tempat yang pasti tepat.

Yogyakarta, 5 April 2009
Yusuf Iskandar

Ke Papua Menunaikan ”Bisnis Memberi”

3 April 2009 by madurejo

img_2070_r

Mohon maaf, blog ini saya tinggalkan selama tiga minggu karena pergi ke Papua tanpa pamit. Semula saya pikir saya akan mudah mengakses internet di sana. Tapi rupanya saya mengalami beberapa kendala non-teknis yang menyebabkan saya tidak bisa meng-update blog Catatan Dari Madurejo ini, praktis selama sebulan.

Tepatnya, dari tanggal 10-31 Maret 2009 saya jalan-jalan ke Papua, tepatnya ke kota Tembagapura dan Timika. Perjalanan ini terlaksana atas undangan teman-teman saya yang bekerja di PT Freeport Indonesia, sebuah perusahaan tambang tembaga dan emas. Ini mirip-mirip perjalanan nosalgia, karena saya pernah bekerja di sana selama periode tahun 1995 hingga 2004.

Selama berada di Tembagapura dan sekitarnya yang lokasinya berada naik-turun di ketinggian antara 2000 – 2400 m di atas permukaan laut, saya mengalami keterbatasan mengakses internet. Fasilitas internet milik perusahaan sangat terbatas. Sementara fasilitas internet yang selama ini saya gunakan, yaitu IM2 dan Smart ternyata tidak dapat saya gunakan karena rupanya hanya sinyal Telkomsel saja yang “berani” naik gunung. Walhasil, saya hanya bisa membuat catatan-catatan kecil saja.

Itu alasan pertama. Alasan keduanya, meskipun saya ke sana dalam rangka jalan-jalan, tapi acara jalan-jalan itu terlaksana akibat dari sebuah komitmen. Maka saya berkewajiban menjaga amanat penderitaan komitmen. Sekali sebuah komitmen dibuat, maka semestinya siap dengan segala konsekuensi yang terjadi, termasuk kesibukan yang seringkali baru selesai hingga malam. Komitmen yang terbingkai dalam acara jalan-jalan dibayarin.

Masih ada alasan ketiga, yaitu bahwa selama di sana saya sering diundang oleh teman-teman lama saya untuk sekedar diajak berbagi tentang pengalaman saya bagaimana mengisi waktu setelah tidak lagi menjadi pegawai alias pensiun alias pengangguran. Teman-teman saya ingin tahu bagaimana saya memulai dan merintis bisnis atau berwirausaha. Tentu saja acara ini hanya bisa dilakukan saat malam hari di sisa waktu yang ada.

img_2069_rAlasan ketiga inilah yang selanjutnya akan saya kupas (kalau bisa sampai) tuntas sebagai bagian dari perjalanan kewirausahaan yang sedang saya jalani. Banyak hal-hal menarik yang saya catat dari diskusi, tanya-jawab dan peluang-peluang yang saya kumpulkan.

Benang merah yang dapat saya sampaikan adalah bahwa perjalanan saya ke Tembagapura, Papua kali ini adalah sebuah perjalanan “bisnis memberi”. Sebuah bisnis yang digaransi anti bangkrut. Bagi sebagian teman saya, perjalanan “bisnis memberi” ini sepertinya sulit diterima. Tapi herannya saya lakukan juga. Insya Allah dongengnya akan saya posting menyusul secara bertahap.

Yogyakarta, 3 April 2009
Yusuf Iskandar

Catatan Terlambat Dari Milad 3 TDA

2 April 2009 by madurejo

img_1878_r

Ultah ke-3 komunitas Tangan Di Atas (Milad 3 TDA) sudah berlangsung sebulan yll. di Jakarta. Belum sempat saya menuliskan pengalaman dahsyat dari forum itu, keburu harus segera terbang ke tanah Papua untuk urusan bisnis yang lain. Lebih tepat kalau saya sebut perjalanan ke Papua ini dalam rangka menunaikan ”bisnis memberi”. Ya, alasan paling masuk akal bagi saya terbang jauh ke belahan timur negeri tercinta ini memang bukan bisnis mencari keuntungan, melainkan bisnis berbagi. Lebih jelasnya pengalaman ini akan saya tuliskan terpisah.

Kembali ke Milad TDA. Beberapa teman lain warga TDA sudah banyak menuliskan pengalaman-pengalamannya. Maka, biarlah teman-teman warga TDA lainnya yang mewakili bercerita. Jika tertarik untuk tahu lebih jauh, silakan baca laporan dan catatan berikut ini :

Semoga bermanfaat.

Salam,
Yusuf Iskandar

Menuju Milad 3 TDA

27 Februari 2009 by madurejo

milad3tda_rKomunitas Tangan Di Atas (TDA) berulangtahun yang ke-3 (Milad 3 TDA). Puncak acaranya digelar pada hari Sabtu – Minggu, 28 Pebruari - 1 Maret 2009, bertempat di gedung BPPT, Jl. MH Thamrin, Jakarta. Inilah ajang pertemuan para penggiat, peminat, pelaku dan simpatisan bidang entrepreneurship yang selama ini bernaung di dalam wadah komunitas wirausahawan yang bernama Tangan Di Atas (TDA).

Menariknya, ajang pertemuan dalam rangka Milad 3 TDA ini sekaligus menjadi cikal bakal ajang lebih bergengsi yang berjudul Festival Entrepreneur Indonesia. Menariknya lagi, telah dijadwalkan acara ini akan dihadiri selain oleh lebih 1.000 orang wirausahawan dari berbaai penjuru Indonesia (yang adalah warga komunitas TDA) juga akan diisi oleh para pesohor dan pelaku usaha yang sudah malang-melintang di dunia entrepreneurship.

Untuk itulah, Insya Allah saya akan hadir ke Jakarta. Rencana berangkat hari Sabtu, tanggal 28 Pebruari 2009 pagi naik Lion Air jam 07:00 WIB. Mudah-mudahan banyak pencapaian bisa saya raih untuk dibawa pulang dan diterapkan di kampung tempat usaha saya, Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Selamat & Sukses menyertai Milad 3 TDA.

Yogyakarta, 27 Pebruari 2009
Yusuf Iskandar

Tentang Catatan Makan-makan (Wisata Kuliner)

9 Februari 2009 by madurejo

Mohon dimaklumi bahwa kumpulan catatan saya tentang perjalanan MAKAN-MAKAN (alias Wisata Kuliner) selanjutnya akan saya pindahkan dan kumpulkan ke blog yang satunya, yaitu : Catatan Perjalanan Yusuf Iskandar. Ini adalah blog saya yang khusus mendongeng tentang perjalanan, kluyuran, unek-unek dan apa saja, meskipun sebagian catatan kuliner yang lama masih tetap ada di sini.

Hal ini saya maksudkan agar blog Catatan Dari Madurejo ini dapat lebih berfokus ke perkara seluk dan beluk kewirausahaan dan inspirasi bisnis untuk membangun visi enterpreneurship. Tentu saja dengan referensi khusus warung ritel “Madurejo Swalayan” yang saat ini sedang saya kelola dan kembangkan.

Demikian untuk menjadikan maklum adanya, dan untuk itu dihaturkan beribu terima kasih.

Salam,
Yusuf Iskandar

NB :
Pesan Pak Bondan Winarno agar tetap sehat dan tetap semangat untuk jalan-jalan dan makan-makan.

Harganya (Masih) Murah Plus Bisa Kepedasan

6 Februari 2009 by madurejo

“Berapa sih harga permen Davos yang ndeso, jadoel, uenak, pedas, tapi semrawang bin semriwing ini…..?”

Di seputaran Jogja, permen Davos yang penuh rasa nostalgia (selain rasa pedas mint) dijual dengan harga berkisar Rp 1.000,- per bungkus isi sepuluh biji permen. Malah jika dirasa sebiji permen membuat khawatir terlalu pedas, kadangkala penggemar permen ini membagi sebiji menjadi dua bagian. Sewaktu saya kecil dulu suka melakukan hal itu.

Konon menurut cerita seorang teman, di sebuah resto di Jakarta menjual permen ini seharga Rp 10.000,- per bungkusnya. Nilai nostalgia permen inilah yang membuat harganya “pantas” menjadi mahal, selain karena prestise duduk di restonya.

Namun di di toko saya, “Madurejo Swalayan”, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, saya menjualnya dengan harga Rp 900,- (angka sembilan diikuti dua angka nol, saja). Sangat murah. Itu pun toko saya sudah mengambil untung Rp 200,- karena harga beli dari pemasok yang biasa kelilingan menawarkan permen Davos hanya Rp 700,- per bungkusnya. Kelihatannya margin keuntungan toko saya kecil saja, hanya dua keping uang logam cepekan. Tapi jangan lupa bahwa keuntungan Rp 200,- dari harga beli Rp 700,- berarti margin kentungan 28,6%. Cukup tinggi dibanding rata-rata margin toko yang berkisar 10%.

Jadi?
Kalau Anda atau ada orang yang kangen atau penasaran dengan permen jadoel ini silakan datang ke Jogja atau mencarinya di warung-warung kecil atau di pelosok pedesaan terutama di wilayah selatan Jateng – DIY, atau titip temannya yang kebetulan pulang kampung. Sebab kalau Anda pesan minta dikirim, maka ongkos kirimnya bisa lebih sepuluh kali lebih mahal dibanding harga sebungkus permennya. Kecuali kalau Anda membelinya sekarung sekalian….

Monggo…
Selamat bernostalgia mengenang masa kecil di kampung halaman sambil ngemut permen Davos yang harganya (masih) tetap murah plus bisa kepedasan, tapi uenak tenan ditambah sensasi semrawang-semriwing. Jangan lupa minum air putih dingin setelah itu (kalau jaman dulu minum air kendi)…..

Yogyakarta, 6 Pebruari 2009
Yusuf Iskandar

Penggalan Kenangan Tentang Permen Davos

5 Februari 2009 by madurejo

Jadoel, ndeso, penuh nostalgia

Jadoel, ndeso, penuh nostalgia

Tanggapan dan komentar teman-teman tentang permen Davos dalam tulisan saya sebelumnya (”Davos, Permen Jadul Yang Tetap Gaul” yang juga saya posting di situs Wikimu, blog pribadi maupun beberapa milis) ternyata sangat beragam. Teman-teman terutama generasi lebih tua, sangat terkesan dengan permen ini. Kisah tentang permen jadoel itu mampu mengangkat kembali ingatan ke suasana masa kecil di desanya dulu. Rupanya, permen Davos memang telah dikenang sebagai permen jadoel dan permen ndeso yang penuh nostalgia.

Di bawah ini kutipan dari komentar teman-teman (sebagian saya edit redaksinya tanpa mengubah intinya, agar enak dibaca). Kalau ada yang mau menambahkan catatan kenangannya, monggo…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar