Entri Populer

Powered By Blogger

Jumat, 29 Mei 2009

Oleh: agussuharto | 12 Mei 2009 metal forming

Extrusion

• Proses pembentukan dengan mendorong material untuk mengalir melalui die terbuka

• Keuntungan

􀂃 Produk dengan berbagai bentuk penampang dapat dibuat

􀂃 Struktur granular dan kekuatan material baik

􀂃 Toleransi produk baik

􀂃 Material scrap sedikit

• Hot extrusion

􀂃 Material: aluminum, copper, magnesion, zinc, tin

􀂃 Gaya yang diperlukan berkurang, kecepatan ram tinggi

􀂃 Perlu lubrikasi mis: glass

• Cold extrusion

􀂃 Material: low carbon steel, stainless steel

􀂃 Kekuatan meningkat (strain hardening), toleransi akurat

Gambar : contoh produk hasil hot extrusion

# Proses Pembuatan bagian dari busi ( Spark Plug)

Pembuatan komponen spark plug dilakukan dengan cara cold extrusion.Cold extrusion secara umum menunjukkan gabungan operasi seperti direct, indirect extrusion dan forging.Keuntungan dari proses ini antara lain, menaikkan sifat mekanik,toleransi lebih baik, dan kehalusan permukaan akhir.

# Proses Pembuatan Drum Cymbal

Proses pembuatan drum cymbal dilakukan dengan cara forging (hammering), pada kondisi cold forging, sehingga diperoleh peningkatan kekuatan dan kekerasan yang tinggi. Hasil proses hamering pada pembuatan drum cymbal ini menghasilkan produk yang sangat baik kualitas hasil pembentukan dan suara yang dihasilkan drum cymbal sebagai bagian dari alat musik. Pembuatanya dapat dilakukan dengan hammerig manual dan mesin hammering.

a) Mesin hamering b) Manual hammering

# Proses Pembuatan Kaleng, tempat minuman,

Mangkok, dan sejenisnya

Pembuatan kaleng minuman, mangkuk, tempat minum seperti yang terlihat pada gambar diatas dibuat dengan proses penekanan punch pada plat sampai kedalaman sesuai cetakan. Untuk membuat kaleng dan mangkok, plat bentuk bulat ( blank ) ditempatkan diatas cetakan ( die ) dan diletakkan dengan blankholder atau hold-downring. Selanjutnya punch menekan kebawah plat masuk kerongga cetakan maka terbentuklah kaleng ataupun mangkok.

.

# Proses Pembuatan Baja Tulangan Beton

Baja tulangan beton adalah baja berbentuk batang berpenampang bundar yang digunakan sebagai penulangan beton. Bahan baku ingot baja kemudian masuk ke Mesin charging / melting furnace, kemudian masuk ke mesin casting, setelah membentuk billet kemudian dilakukan proses rolling mill.

Batang kawat dibuat dari bahan baku billet melalui proses Hot rolling. Hot rolling yaitu proses thermo mechanical treatment kelas 1 pada temperatur tinggi ( diatas temperatur rekristalisasi ). Kelas 1 berarti thermal treatment atau atau perubahan struktur ( transformasi ) berlangsung sesudah mechanical treatment atau perubahan bentuk ( deformasi). Keuntungan dari hot rolling adalah bebas dari residual stress isotropic, dan kerugian dari proses hot rolling adalah toleransi dan surface finish rendah.

# Bulging

Bulging adalah proses pembentukan pipa dengan cara penekanan menggunakan media penekan yang fleksibel. Media penekan biasanya digunakan Polyurethane rubber, sehingga penekanan pipa oleh media yang elastis akan membentuk sebuah alur.

Gambar : pipa hasil proses bulging

Tidak ada komentar:

Posting Komentar