Entri Populer

Powered By Blogger

Sabtu, 30 Mei 2009

Pesawat Milik TNI AU Hercules Jatuh Di Magetan

Magetan,
Salah satu korban tewas pesawat Hercules milik TNI AU yang jatuh di areal persawahan Desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan adalah salah seorang senior TNI AU, Panglima Komando Sektor (Pangkossek) Marsekal Pertama Harsono, alumnus angkatan tahun 1983.

Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suwarno mengatakan, untuk membantu proses evakuasi korban, pihaknya telah berkoordinasi dengan Panglima Divisi Infanteri II Kostrad, dibantu oleh Batalyon 501 dan Batalyon Armed 12 Madiun dan Ngawi dan dekat dengan lokasi kecelakaan.

“Kami langsung meluncur ke lokasi kejadian. Di lapangan para petugas sudah melakukan berbagai penanganan di lokasi,” katanya seusai upacara di gedung negara Grahadi, Rabu (20/5/2009).

Menurut Pangdam, dari laporan awal yang diterima, dalam pesawat naas tersebut terdapat 98 anggota dan 14 kru. Pesawat tersebut dalam rangka melakukan penerbangan rutin yang biasa dilakukan oleh TNI AU yang berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma dengan tujuan akhir di Biak, Papua.

“Sementara data yang kami dapatkan hingga pukul 08.00, diketahui sebanyak 10 orang selamat. Sedangkan sisanya masih dalam pengecekan,” jelas Pangdam.

Pangdam menambahkan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya di lokasi. Selain melakukan pengamanan lokasi, juga melakukan evakuasi bagi yang selamat, dan memberikan bantuan kesehatan, serta menyiapkan rumah sakit terdekat.

Seperti diberitakan, sebuah pesawat jenis Hercules jatuh sesaat sebelum mendarat di areal persawahan Desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan, sekitar pukul 06.25 tadi. Sebelum jatuh, pesawat sempat menabrak empat rumah warga.

Pesawat Hercules itu berangkat dari Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, menuju Lanud Iswahyudi, Magetan dengan mengangkut sekitar 50 penumpang. Pesawat yang mengangkut 98 penumpang dan 14 awak itu dipiloti oleh Kapten Mayor Danu dan Co Pilot Kapten Younan. (tok/eda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar