Entri Populer

Powered By Blogger

Minggu, 07 Juni 2009

PENULISAN KARYA TULIS MAHASISWA

A. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut :

1. Bagian Awal

a. Halaman Judul

1) Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat

dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk

penafsiran ganda

2) Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas

3) Perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas

b. Lembar Pengesahan

1) Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor ind uk

2) Lembar pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing, dan Wakil /

Pembantu Rektor / Ketua / Direktur Bidang Kemahasiswaan lengkap

dengan stempel perguruan tinggi.

4) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

c. Kata Pengantar dari penulis

d. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel,

dan daftar lampiran

e. Ringkasan karya tulis disusun sebanyak-banyaknya dua halaman yang

mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan,

landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan

dan rekomendasi.

2. Bagian Inti

a. Pendahuluan

Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :

1) Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan

mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang

makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah;

2) Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan;

3) Mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan;

4) Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

b. Telaah Pustaka

Telaah Pustaka berisi :

1) Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan

dengan masalah yang dikaji,

2) Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji,

3) Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.

c. Metode Penulisan

Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan

secara cermat cara / prosedur pengumpulan data dan / atau informasi,

pengolahan data dan / atau informasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan,

serta merumuskan saran atau rekomendasi.

d. Bagian Isi / Pembahasan

1) Analisis permasalahan didasarkan pada data dan / atau informasi serta

telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah

atau gagasan yang kreatif.

2) Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan.

3) Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan

dan adopsi teknologi.

3. Bagian Akhir

a. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat

dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar

pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun

penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar

pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan,

nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang

diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.

b. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal

mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang

pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.

c. Lampiran (jika diperlukan)

B. Persyaratan Penulisan

1. Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman. Jumlah halaman

yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi

penilaian.

2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan

yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang

mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll.,

sbb.

C. Pengetikan

1. Tata Letak

a. Karya tulis diketik 1.5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New

Roman style).

b. Batas pengetikan :

1) Samping kiri 4 cm

2) Samping kanan 3 cm

3) Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm

4) Batas pengetikan 2 cm pada bagian bawah.

c. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya

1) Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di

bawahnya 2 spasi.

2) Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4

cm dari tepi atas dan tanpa digarisbawahi.

3) Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata

ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti

yang, dari, dan.

4) Judul anak Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima)

pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan

huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.

5) Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti

pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.

2. Pengetikan Kalimat

Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi.

Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke

dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.

3. Penomoran Halaman

a. Bagian pendahuluuan yang meliputi halaman judul, nama / daftar anggota

kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan

diketik sebelah kanan bawah (I, ii dan seterusnya).

b. Bagian tubuh / pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan

diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan

seterusnya).

c. Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar